Jakarta, CNBC Indonesia – Saham nikel RI terpantau ambles pada perdagangan sesi I Rabu (24/4/2024). Hal ini seiring dengan Komisi Pemilih Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Per pukul 12.00 WIB, setidaknya tujuh saham nikel terpantau ambles pada sesi I hari ini. Saham PT Timah Tbk (TINS) menjadi yang paling parah koreksinya pada sesi I hari ini, yakni mencapai 4,29% ke posisi Rp 1.005/saham.

Sedangkan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjadi yang paling rendah koreksinya pada sesi I hari ini yakni merosot 2,01% menjadi Rp 1.705/saham.

Berikut pergerakan tujuh saham raksasa nikel pada perdagangan sesi I hari ini.









Saham Kode Saham Harga Terakhir Perubahan
Timah TINS 1005 -4,29%
PAM Mineral NICL 157 -3,68%
Trimegah Bangun Persada NCKL 925 -3,65%
Vale Indonesia INCO 4250 -2,30%
Aneka Tambang ANTM 1705 -2.01%

Sumber: RTI

Sejatinya, ketika Prabowo-Gibran resmi menjadi presiden dan wakil presiden, maka sektor nikel bakal diuntungkan karena program hilirisasi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal dilanjutkan di masa pemerintahan Prabowo-Gibran.

Namun nyatanya, saham nikel di RI justru mengalami koreksi 2%-3%. Saham nikel RI merana karena harga nikel global yang mulai melandai.

Berdasarkan data dari London Metal Exchange (LME) yang dikutip dari Refinitiv pada perdagangan pagi hari ini pukul 00:59 waktu setempat, harga nikel kontrak 3 bulan (3MCMNI) ambles 3,26% ke posisi US$ 19.095 per ton.

Melandainya harga nikel global terjadi setelah beberapa hari terbang karena perhatian pasar mengenai rencana pemerintah Tiongkok untuk membeli logam tersebut untuk persediaan negara memicu kekhawatiran terbatasnya pasokan, ditambah sentimen bullish pada logam dasar juga mendukung hal tersebut.

Nikel terdorong oleh sentimen di pasar bahwa penimbun Tiongkok, Badan Pangan dan Cadangan Strategis Nasional, berencana membeli nikel pig iron, bahan baku utama untuk baja tahan karat.

Sementara untuk larangan logam dari Rusia, salah satu pemasok utama nikel dan aluminium dunia, oleh Washington dan London juga meningkatkan kekhawatiran akan gangguan pasokan global.

Sebelumnya pada hari ini sekitar pukul 11:00 WIB, KPU resmi menetapkan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

“KPU menetapkan paslon Presiden dan Wapres nomor urut 2 bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon presiden dan wapres terpilih tahun 2024 – 2029,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’arid alam sidang pleno, Rabu (24/4/2024)

Penetapan ini juga dihadiri oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Masih Menanjak, IHSG Bisa Tutup Tahun 2023 di 7.300-an?


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *