Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo memberikan bocoran terkait dividen yang akan diberikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom.

“Dividen Telkom mungkin akan sedikit turun, tapi kita sedang diskusi, kisaran masih sekitar di atas 50%,” ujar Kartika kepada CNBC Indonesia, Jumat (5/4/2024).

Dirinya tidak menampik jika ada penurunan kinerja dari Telkom, terutama akibat penjualan pusal yang prepaid. Namun, transformasi Telkom ke arah digital dan data services terus berjalan.

“Jadi saya percaya Telkom dalam jangka panjang fundamentalnya akan baik, dan secara fundamental transformasi Telkom sekarang sudah baik, tapi memang dalam jangka pendek ada penurunan karena daya beli,” jelas Kartika.

Selanjutnya, menilai secara valuasi TLKM saat ini terbilang menarik, menggunakan metrik Price to Book Value (PBV) berada di angka 2,54 kali. Nilai ini posisi-nya sudah semakin mendekati -2 Standar Deviasi (STD) yang berada di 2,42 kali.

Pelaku pasar berharap laba bersih TLKM pada 2023 mencapai Rp25,78 triliun, atau melesat 24% dari 2022. Namun, realisasinya laba bersih tumbuh 18,3% secara tahunan (yoy) menjadi Rp24,56 triliun.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Wamen Tiko, Pelemahan Rupiah Harus Diwaspadai! Ini Alasannya


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *