Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengumumkan anak perusahaannya PT Mapan Global Tech (MGT) telah membeli saham PT Multifinance Anak Bangsa (MAB) milik Winato Kartono, taipan pemilik perusahaan investasi Provident Capital.

Mengutip keterbukaan informasi, aksi pembelian ini termasuk transaksi afiliasi, sebab Winato merupakan Komisaris GOTO. Sebelum transaksi ini secara keseluruhan, GOTO lewat anak usahanya (PT Gofin Karya Anak Bangsa/GKAB) telah memiliki 85% saham MAB.

Nilai saham MAB yang dibeli MGT adalah sebanyak 309.120.000 unit, dengan nilai nominal sebesar Rp30,91 miliar yang mewakili sebanyak 11,04% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh di dalam MAB. Sementara itu, nilai transaksi ini mencapai sebesar Rp32,45 miliar.

Pasca akuisisi ini, kepemilikan GOTO secara tidak langsung lewat anak usahanya di MAB mencapai 96,04%, dengan 3,96% sisanya dimiliki oleh PT Sucor Capital.

“Transaksi tidak berpotensi mengakibatkan terganggunya kelangsungan usaha Perseroan,” kata Corporate Secretary GOTO R.A Koesoemohadiani dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (4/4/2024).

Transaksi ini berlangsung pada tanggal 1 April 2024 lalu.

Koesoemohadian menyatakan transaksi merupakan transaksi afiliasi yang diwajibkan untuk memperoleh pendapat kewajaran dari penilai independen berdasarkan POJK 42. Dalam hal ini, GOTO telah memperoleh pendapat kewajaran dari KJPP Iskandar dan Rekan.

Sementara itu, saham GOTO terpantau naik 1,47% ke posisi harga 69 pada pukul 11.16 sesi I perdagangan Kamis (4/4/2024).

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Saham GOTO Terbang 11%, Ini Penyebabnya


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *